STUDENT! LOVE, CARE, and KEPO about TECHNOLOGY! WHAT ABOUT YOU?
RSS
content top

Greenfoot Tutorial 1 ( move & turn)

Hello
Hari ini saya akan membahas tentang aplikasi pemrograman baru. It called GREEN FOOT.
Tutorial nya saya pelajari dari sebuah sumber berbahasa inggris. Khfkcfnhfuhre
Postingan kali ini akan saya bagi dalam beberapa part.
  • Kenal Interface
  • Kenal Operasi
  • Kenal Method
Yaps, ini adalah pengetahuan dasar yang harus kalian tahu.
Hana . . .  dul . . .  set . . . Ayo kita mulai
  • Kenal Interface
Disini saya tidak akan membahas cara install Greenfoot, karena cara installnya tidak terlalu sulit kok. Jadi lanjut aja ya. Tampilan pertama saat kamu membuka aplikasi Greenfoot adalah sebagai berikut.
 
Project Pertama Kamu
Pilih New pada Menubar Scenario pada pojok kiri atas. Kamu akan diminta untuk menuliskan dan mengarahkan tempat menyimpan file greenfoot. Jika sudah tekan ‘Create’.
Tampilan Greenfoot akan berubah menjadi polos. Ini saatnya kamu membuat tampilan sesuai seleramu sendiri. (Kayak mau masak aja. Wkwkwk)
Bagaimana caranya?

Perhatikan pada sebelah kanan terdapat pilihan World dan Actor.
Untuk mengubah tampilan World, right Click World, pilih ‘New subclass’. Isi kotak yang merupakan nama subclass. Pilih tampilan sesuai yang diinginkan. Saran saya pilih gambar – gambar yang disediakan  pada ‘background’. Selain gambar yang disediakan, kita juga dapat menggunakan gambar dari luar. Terakhir pilih ‘OK’. Kita diperbolehkan untuk mengubah tampilan background kembali jika ingin. Belum ada perubahan apa – apa? Pilih ‘Compile’ pada kanan bawah. Setelahnya, pilih tombol ‘ Run’ yang terletak diantara diantara ‘Act’ dan ‘Reset’

Selanjutnya dengan cara yang hampir sama, kita akan mempersiapkan Actor. Mudahnya, Actor adalah pelaku atau tokoh – tokoh dalam permainan kita. Tokoh – tokoh ini harus dipersiapkan dulu sebelum dipakai. Menyiapkan blue print, kalau orang programmer bilang.
Langkahnya : Right Click pada ‘Actor’. Pilih ‘New Subclass’, masukkan nama tokoh sesuai keinginan, dan pilih gambar sesuai keinginan, dan pilih ‘OK’.
Actor belum siap ditampilkan. Ingat!! Compile dahulu! Lalu klik kanan kembali pada actor yang akan diletakkan di ‘World’, pilih new(namaActorYangKamuBuat), letakkan pada world. Kembali klik ‘Compile’ lalu ‘Run’. Tidak terjadi apa – apa? Tepat. Kita belum memperintahkan mereka unuk melakukan sesuatu bukan?

  • Kenal Method
Agar terjadi sesuatu, kita harus memberikan mereka perintah.
Move dan turn
Semisal pada kali ini, saya hendak membuat pesawat saya berjalan. Klik dua kali pada Actor yang dibuat. Lalu akan muncul tampilan

Buat method move(). Angka didalam move dapat diubah sesuai keinginan. Klik ‘Compile’ , kembali pada tampilan greenfoot, pilih ‘Run’. Apa yang terjadi pada Actor kalian?
public void act()
    {
        // Add your action code here.
        move(30);
    }  

Method kedua, method turn(). Angka didalam turn sesuai keinginan kamu. Klik ‘Compile’, kembali pada tampilan greenfoot, pilih ‘Run’. Apa yang terjadi pada Actor kalian?

Untuk dicoba sendiri.
  1.  Coba ubah angka pada move dan turn untuk melihat perbedaannya.
  2. Gabungkan method move dan turn. Contoh sebagai berikut.
public void act()
{
// Add your action code here.
move(10);
turn(10);
}

 Oke selamat belajar!
STAY HUNGRY STAY FOOLISH People! Gbu

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar