STUDENT! LOVE, CARE, and KEPO about TECHNOLOGY! WHAT ABOUT YOU?
RSS
content top

Divisi Training SEAMOLEC 2013



Pada tugas kali ini, yaitu mewawancarai salah satu divisi di SEAMOLEC, saya Desy Yanty Cobena berkesempatan untuk mewawancarai salah satu staff di Divisi Training.
Berikut nama – nama lengkap Tim Divisi Training:
1. Timbul Pardede
2.  Arie Susanty
3. Nurhaeti
4. Relanica Miretnawati
Pak Tim, Mba Ary, Mba Eet, dan Bu Mika, begitu mereka biasa disapa. Selain itu, ada juga Mas Pur dan Mas Aji yang ikut membantu divisi ini.
Divisi Training, sesuai dengan namanya mengurus berbagai macam pelatihan yang dibuat SEAMOLEC.  Dimulai dari membuat kesepakatan, lalu membuat perencanaan, menentukan tempatnya dimana, kapan akan diadakan pelatihan, apa saja materi yang akan disampaikan, siapa saja yang menjadi fasilitator, adalah tugas dari Dibisi Training. Selain itu, sebagai kordinator dalam pelaksanaan, membuat laporan pelaksanaan, serta mengadakan evaluasi adalah tugas mereka. Dapat dikatakan mereka sebagai kordinator atau semacam panitia dari pelatihan tersebut.
Jangkauan daerah diadakannya pelatihan dari SEAMOLEC dari Sabang sampai Merauke, bahkan sampai daerah Asia Tenggara. Divisi Training biasanya bekerja sama dengan Kemendiknas daerah setempat.
Dari infomasi yang saya dapat, saya menyimpulkan bahwaa pelatihan dapat dibagi – bagi menjadi berikut.
Berdasarkan tempat diadakan pelatihan, tipe pelatihan dibagi menjadi dua, yaitu di SEAMOLEC itu sendiri, dan di luar  Gedung SEAMOLEC. Jika diluar SEAMOLEC, maka SEAMOLEC akan bekerja sama dengan dinas provinsi, kabupaten/kota, atau juga dengan perguruan tinggi.
Berdasarkan permintaan,suatu  pelatihan dapat diadakan karena inisiatif dari SEAMOLEC, dan karena permintaan dari luar. Faktor peluang dipertimbangkan saat ada pelatihan yang merupakan inisiatif dari SEAMOLEC. Sebagai contoh, melihat kurikulum 2013 yang saat ini sedang diterapkan, dimana setiap guru harus dapat mengajar dengan mengaitkan TIK di dalamnya ( meski saat itu bukan mata pelajaran TIK), maka disini SEAMOLEC melihat peluang perlunya pelatihan, dan  berinisiatif untuk membantu para guru agar dapat mengajar berbasis TIK. Apalagi,  cukup banyak guru yang gagap teknologi.
Setiap staff di Divisi Training tentu harus memiliki kapasitas menjadi fasilitator. Namun di luar itu, yang merupakan fasilitator bisa dari Divis lain, dan juga para alumni.
Contohnya, saat melakukan pelatihan di suatu daerah, dan terdapat peserta yang terlihat menonjol, maka peserta tersebut akan diminta kesediaanya untuk berbagi ilmu mereka ketika diadakan pelatihan di daerah yang dekat dengan pelatihan sebelumnya.
Contoh lainnya, peserta SEAMOLEC yang belajar di Gedung SEAMOLEC, seperti  mahasiswa D4 ITB, atau mahasiswa S2, akan dipercayakan untuk melatih peserta lainya.
Contoh pelatihan yang diadakan SEAMOLEC adalah pembuatan Buku Digital dengan Sigil, pelatihan edmodo, kelas virtual dengan menggunakan SeaEduNet 2.0 di Salatiga,  dan pelatihan TIK bagi guru di Sumatera Selatan.
Profil Singkat Nara Sumber
Mba Ary, yang merupakan nara sumber saya, bernama lengkap Ary Susanti. Lulus kurang lebih 7 tahun yang lalu dengan title Sarjana Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Secara spesifik, beliau mempelajari Pendidikan Manajemen.
Awal mula beliau dapat bergabung di SEAMOLEC karena saat itu kantor SEAMOLEC berada di sekitar kampus UNJ. “Setelah lulus saya mencoba melamar di kantor SEAMOLEC, yang saat itu membutuhkan seseorang dengan background sarjana pendidikan. Dan mungkin karena saya sarjana pendidikan, maka saya diterima,” ujar Mba Ary menjelaskan.
Selama 7 tahun di SEAMOLEC, dan pada Divisi Training. Beliau sudah pernah mengunjungi daerah – daerah lain seperti pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Dengan senang hati beliau bersedia dikirim ke daerah – daerah  pelosok. Salah satu pengalamannya adalah mengunjungi sebuah daerah terpencil di Aceh yang membutuhkan waktu 6 jam perjalanan dari kota, dengan keadaan jalanan yang tidak dapat dikatakan baik. Beliau  juga menceritakan suka dukanya selama di SEAMOLEC.
Menurutnya bekerja di SEAMOLEC sangat menyenangkan.  Baginya adalah suatu kebahagiaan melihat anak – anak bisa lebih maju dan lebih baik darinya. Dan bagaimana agar hal tersebut dicapai? Salah satunya adalah dengan membuka pemikiran guru.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar